Rabu, 22 November 2017

Sumber Alami Asam Lemak Omega

Di dalam tubuh, asam lemak bermanfaat sebagai energi guna otot, jantung dan organ lain. Asam lemak pun dapat dimanfaatkan sebagai cadangan energi. Ada sekian banyak  jenis asam lemak. Salah satunya ialah asam lemak omega 3.
Asam Lemak Omega Sebagai Pelengkap Nutrisi
Asam lemak omega 3 adalahjenis asam lemak yang urgen dan diperlukan oleh tubuh guna metabolisme. Sayangnya asam lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga saya dan anda butuh mendapatkannya dari makanan. Di samping asam lemak omega 3, ada pun asam lemak omega 6 dan asam lemak omega 9. Ketiga asam lemak ini memiliki faedah yang berbeda-beda namun sama pentingnya.

Sumber Alami Asam Lemak Omega
Makanan sumber asam lemak omega terdapat bermacam-macam, tergantung jenisnya. Asam lemak omega 3 khususnya ada pada sekian banyak  jenis minyak, laksana minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola dan minyak biji rami. Di samping itu, asam omega 3 pun dapat ditemukan pada pelbagai jenis ikan laksana ikan sarden, ikan salmon, ikan patin dan ikan tuna. Ada pula jenis makanan lain laksana udang, kerang dan bayam yang berisi asam lemak omega 3.

Sementara itu, asam lemak omega 6 dapat ditemukan pada kedelai, minyak bunga matahari, kelapa sawit, minyak biji kapas dan agung.

Terakhir ialah asam lemak omega 9. Asam lemak ini terdapat pada minyak zaitun dan minyak hewani. Jenis asam lemak omega 9 ini di anggap paling tidak penting dikomparasikan kedua jenis asam lemak omega lainnya.

Mengenali Fungsi Asam Lemak Omega
Masing-masng asam lemak omega memiliki faedah yang berbeda. Secara keseluruhan, faedah dari asam lemak omega 3 ialah berperan dalam menunjang kesehatan jantung, otak, dan metabolisme tubuh. Namun, asam lemak omega 3 terbagi lagi menjadi tiga jenis, dan setiap memiliki faedah yang urgen untuk tubuh, yaitu:

Docosahexaenoic acid (DHA), berperan dalam perkembangan benak dan menciptakan otak bermanfaat secara normal.
Eicosapentaenoic acid (EPA), efeknya untuk tubuh ialah membantu meminimalisir peradangan dan meminimalisir depresi.
Alpha-linolenic acid (ALA), dipakai sebagai energi. ALA pun dapat diolah menjadi DHA atau EPA.
Sementara itu, asam lemak omega 6 bermanfaat sebagai sumber energi dan menolong mengobati fenomena penyakit kronis. Asam lemak ini berperan dalam menambah sistem kekebalan tubuh asalkan dikonsumsi dalam jumlah tepat. Apabila kita mengonsumsi terlalu tidak sedikit akan mengakibatkan terjadinya peradangan atau inflamasi.

Di samping asam lemak omega 3 dan omega 6 ada pun asam lemak omega 9. Dibandingkan dengan kedua asam lemak omega lainnya, asam lemak omega 9 dirasakan paling tidak urgen dan bisa diproduksi oleh tubuh. Namun, penderita diabetes yang mengonsumsi asam lemak omega 9 secara tertata dapat menurunkan kadar trigliserida sejumlah 19 persen dan kadar kolesterol sejumlah 22 persen.

Keuntungan Mengonsumsi Asam Lemak Omega
Banyak deviden mengonsumsi asam lemak omega, terutama untuk kesehatan. Diketahui asam lemak omega 3 bisa mencegah sejumlah gangguan kesehatan, laksana demensia atau penurunan faedah otak pada lanjut umur (lansia). Asam lemak omega 3 akan menolong meningkatkan daya ingat pada orang tua.

Untuk bayi, sangat tidak terdapat dua guna asam lemak omega 3, yaitu menolong mengurangi fenomena asma dan menolong perkembangan benak pada bayi.

Masih tidak sedikit keuntungan konsumsi asam lemak omega 3 yang dapat menolong mengatasi gangguan kesehatan atau menolong proses penyembuhan, seperti:

Membantu meminimalisir lingkar pinggang dan mengawal berat badan.
Mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis karena mempunyai sifat antiradang.
Mengurangi jumlah lemak hati.
Meningkatkan tingkat kepadatan tulang.
Menyehatkan jantung dengan menambah HDL atau kolesterol baik, sehingga meminimalisir pembentukan plak pada arteri, desakan darah, dan trigliserida.
Mengurangi fenomena skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi.

Salah satu jenis asam lemak omega 6 yakni Gamma-linolenic acid (GLA), bisa jadi dapat mengurangi fenomena rheumatoid arthritis. Di samping itu, suatu penelitian mengindikasikan bahwa konsumsi GLA dapat menambah efektivitas dalam penyembuhan kanker payudara.

Asam lemak omega 6 dalam format lain yakni conjugated linoleic acid (CLA) diketahui dapat meminimalisir massa lemak tubuh secara efektif dalam suatu penelitian.

Sementara itu, menurut keterangan dari sebuah penelitian, konsumsi asam lemak omega 9 bisa jadi dapat menurunkan peradangan dan menambah sensitivitas terhadap insulin.

Tetap Perhatikan Dosis Suplemen
Meski dianggap tidak sedikit manfaat, tetapi konsumsi suplemen asam lemak omega, tidak boleh sampai berlebihan. Jumlah komsumsi asam lemak omega 6 yang dianjurkan ialah tidak melebihi 4 kali lipat jumlah konsumsi asam lemak omega 3.

Beberapa risiko kesehatan dampak terlalu tidak sedikit konsumsi suplemen antara lain menciptakan tubuh berbau amis, menambah kadar kolesterol jahat (LDL) dan menambah risiko perdarahan. Bagi yang pernah menjalani formalitas transplantasi jantung, ada bisa jadi memengaruhi detak jantung. Untuk tersebut konsumsi suplemen mesti selalu melewati rekomendasi dokter.

Di samping dalam format suplemen, asam lemak omega yang berasal dari sejumlah jenis ikan pun perlu diwaspadai, sebab mempunyai risiko terjadi keracunan merkuri.

Agar mendapat  manfaat untuk kesehatan, tidak boleh lupa masukkan makanan yang berisi asam lemak omega dalam menu kita sehari-hari. Perhatikan label kemasan dan takaran yang disarankan. Jika memiliki situasi kesehatan khusus, konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar